Rabu, 22 Februari 2017

Konsep Inheritance dalam pemrograman java

Inheritance (Pewarisan)



Inheritance merupakan proses penciptaan kelas baru dengan mewarisi karakteristik kelas yang sudah ada, ditambah dengan karasteriktik kelas baru itu. Suatu class yang disebut super class yaitu dapat mewarisi sifat turunan pada turunan kelasnya yang disebut sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke class turunannya. Sifat inheritance yaitu secara hirarki (bertingkat), semakin kebawah class, maka semakin detail.
Lebih jelasnya, saya berikan contoh gambaran tentang konsep inheritance, seperti gambar dibawah ini:




Pada java, cara menerapkan konsep inheritance yaitu dengan memberikan keyword "extends" pada subclass. misalnya agan memiliki class "sayuran" lalu agan ingin memecah lagi menjadi yang lebih spesifik yaitu, kangkung, bayam, kubis. Berikut sitaks dasar inheritance:


Cukup jelas pada struktur code diatas bahwa kelas utama yaitu kelas induk yang meliki turunan yaitu kelas turunan dengan mengguakan keyword extends pada kelas tersebut
Contoh source code dan penjelasan:


Output:

Penjelasan:
Baris 1        : yaitu adalah header
Baris 3-4     :  Kelas yang dijadikan kelas utam/induk (super class)
Baris 11-17 : Kelas dijadikan kelas anak(Turunan)
Baris 19-26 : Kelas utam
Baris 22      : Pendelarasian Object dari class 2
Baris 23      : Pemanggilan mathod cetak  yang dimiliki class 2
Baris 24      : Pemanggilan method cetak1 yang dimiliki oleh kelas induk dari kelas1

Keuntungan dari inheritance adalah tidak perlu mengutak-atik kode kelas yang membutuhkan tambahan atribut atau metode saja, karena hanya membuat kelas turunannya tanpa harus mengubah kode kelas dasarnya. Kelas dasar akan mewarisi semua atribut dan kodenya kecuali konstruktor dan destruktor yang memiliki hak akses public dan protected ke kelas turunannya

Agan-agan juga bisa download contoh program inheritance pada java, disini saya ambil contoh kasus perhitungan suhu dengan menggunakan konsep inheritance:

Download

Sekian postingan ane hari ini, semoga bermanfaat gan. Salam lima jari, Bye!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Konsep Inheritance dalam pemrograman java
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.