Rabu, 22 Februari 2017

Perulangan pemrograman C++ (Looping)

Perulangan Program C++




Hai gan, disini saya akan menjelaskan beberapa jenis dan contoh program perulangan pada bahasa pemrograman C++. Perulangan ini berfungsi untuk mengulang suatu pernyataan dari blok progam sampai batas index yang telah ditentukan. banyangkan saja jika kita akan mencetak angka kalimat "CINTA" (sory gan baper dikit hehehe) sebanyak 1000 kali tanpa menggunakan keyword yang disediakan, mungkin bukan hanya tenaga yang terkuras akan tetapi mungkin tangan kita juga yang akan kesleo :D. Untungnya dalam pemrograman C++ terdapat  3 jenis keyword yaitu, For, While-do, dan Do-while. Pada setiap keyword memiliki penjelasan dan cara kerja yang berbeda-beda. Makin bingung, oke saya akan menjelaskan satu-pesatu:

1. For
For merupakan salah satu keyword yang digunakan untuk melakukan operasi perulangan pada program. Dalam penulisan syntaxnya terdapat sebuah variabel berisi nilai yang digunakan untuk menentukan batas dari perulangan tersebut. sebagai perumpamaan batas yang diinginkan adalah 10, maka variabel tersebut harus bernilai 10 sebagai banyak pengulangan. contoh struktur kode nya adalah:







Pada contoh source code diatas, for() adalah sebuah keyword atau pernyataan yang menandakan bahwa kode tersebut adalah sebuah perulangan. Variabel i (int i) digunakan sebagai batas awal dan batas akhir dari banyak perulangan yang akan dieksekusi. Contoh diatas saya menggunakan angka 1 sebagai awal dari perulangan dan 10  sebagai akhir/berhentinya perulangan itu dieksekusi. Untuk i++ berfungsi untuk menambah 1 pada nilai variabel setiap terjadi perulangan, atau lebih mudahnya yaitu (i=i+1). Keyword cout digunkan untuk mencetak suatu pernyataan yang kita inginkan.

2. While
Berbeda dengan for, pada perulangan menggukan keyword while digunakan utnuk menngeksekusi source code bila mana kodisi while bernilai benar. Jika kondisi pada keyword while bernilai salah, maka perulangan yang akan dikerjakan tidak akan dieksekusi. keyword while ini memiliki sifat perulangan yang tidak akan berhenti (overlooping). Contoh source code seperti dibawah








Pada contoh source code diatas variabel a bernilai 10. Kemudian diuji dengan keyword while apakah nilai variabel a lebih dari 1. Jika  kondisi benar maka masuk ke statement selanjutnya yaitu mencetak kata perulngan. Untuk perintah a-- digunakan sebagai pengurangan 1 pada variabel a secara bertahap (a=a-1) agar program dapat berhenti ketika kodisi pada variabel a sudah tidak lebih dari 1.

3. Do-while
Cara kerja keyword Do-while yaitu dengan mengeksekusi terlebih dahulu statement yang terdapat pada lingkup do dan while. Setelah statement telah dieksekusi maka kondisi while akan dikerjakan dengan mengeksekusi kodisi didalam while. Untuk lebih mudahnya anggap saja DO adalah lakukan dan While adalah jika. Maksudnya adalah lakukan eksesekusi program dahulu, dan jika kodisi benar maka ulangi program tersebut. Contoh source code :








Contoh source code diatas diinialisasikan variabel string yaitu y. Kemudian  masuk pada statement Do yaitu cetak kata dan inputan dari user. While digunakan sebagai pengujian apakah kondisi benar atau salah. Maksud source code diatas adalah ketika user menginputkan 'y' maka progam akan mengulang, jika kondisi salah maka progam akan berhenti.

Kesimpulan dari ketiga keyword perulangan diatas adalah, keyword for adalah perulangan yang sudah ditentukan batas berhenti pengulangannya, sedangkan while yaitu pengulangan  dengan pengujian sebelum mengeksekusi program yang akan diulang tanpa memiliki batas yang sudah ditentukan. Do-while sendiri memiliki penjelasan kebalikan dari while, yaitu program akan dieksekusi dahulu sebelum melakukan proses pengulangan.
Jika agan-agan masih bingung, agan bisa dowload contoh source codenya dibawah ini


Sekian dulu gan postingan ane, terus belajar dan semoga bermanfaat. Salam Lima Jari, Byee !!  

Bagikan

Jangan lewatkan

Perulangan pemrograman C++ (Looping)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.